EARTH - The Power of The Planet

Beberapa minggu yang lalu, saya dan teman-teman di kelas menonton film EARTH - The Power of Planet sebagai tambahan kuliah. Film ini dibuat pada tahun 2007 oleh BBC yang menceritakan tentang kekuatan yang ada di bumi melalui presenter Iain Stewart seorang pakar geologi, film ini sungguh spektakuler dengan gambar yang tajam dan memukau.

Sayangnya, saya hanya sempat menonton 2 episode. Film ini terdiri dari 5 episode yaitu:


1. Volcano
2. Atmosphere
3. Ice
4. Oceans
5. Rare Earth


Setelah menonton film tersebut, saya mencoba membuat kesimpulan sederhana untuk 2 episode (volcano dan atmosphere).

Episode - Volcano
  • Gunung berapi yang biasanya dilihat sebagai destruktif, ternyata juga sebagai konstruktif. Keberadaan gunung berapi yang sewaktu-waktu dapat mengancam kehidupan manusia melalui semburan lava panas yang dapat melelehkan apa saja yang dilaluinya, ternyata dahulu semenjak terbentuknya bumi merupakan bagian komponen alam yang turut berperan dalam menjaga bumi sampai sekarang. Lava panas yang dimuntahkan gunung berapi mengindikasikan adanya sumber panas dari dalam inti bumi. Sumber panas inilah yang menggerakkan lempeng bumi dan membentuk bentang lahan yang kompleks (dataran/pegunungan) serta memproduksi gunung berapi. Suhu dingin ekstrim yang dahulu memerangkap bumi pada akhirnya menghangat akibat awan panas tebal yang mengandung karbondioksida (CO2) yang sangat tinggi (cikal bakal lapisan pelindung bumi atau disebut atmosfer) berasal dari letusan gunung berapi. Sehingga dari proses ini menciptakan suatu kehidupan yang dapat bertahan dan berevolusi. Tanpa itu Bumi akan menjadi planet mati jutaan tahun yang lalu.
  • Gunung berapi menghasilkan keseimbangan sebagai siklus kehidupan di bumi. Apa yang telah dihasilkan gunung berapi diantaranya awan panas (yang menghasilkan karbondioksida) merupakan sesuatu yang juga dibutuhkan oleh komponen alam lainnya di bumi ini pada awal kehidupan proses penyempurnaan bumi sampai sekarang. Karbondioksida yang dilepaskan ke atmosfer ternyata digunakan oleh kehidupan mikroorganisme untuk memproduksi oksigen kemudian memerangkapnya menjadi sebuah endapan yang kemudian nantinya dikeluarkan kembali oleh gunung berapi. Aktivitas ini berulang terus-menerus (membentuk siklus) sehingga menciptakan suhu bumi yang tepat bagi kehidupan.
  • Selain itu lempeng tektonik yang terus menerus bergerak berpotensi untuk meninggikan daratan secara perlahan dan tak beraturan, namun proses alam lainnya tak membiarkan hal ini terjadi. Air yang merupakan salah satu komponen kehidupan (tenaga eksogen) melalui peristiwa erosi (pengikisan material daratan) sebagai penyeimbang proses alam tersebut. Pengikisan batuan atau tanah oleh air secara perlahan juga akan membuat suatu peristiwa lain ketika pembentukan topografi tidak terjadi yang disebabkan oleh pergerakan lempeng (tenaga endogen). Ternyata bumi dalam keseimbangan.

Episode - Atmosphere
  • Atmosfer adalah pelindung bumi dan sumber segala cuaca yang tanpanya tanah akan kering, kutub jauh lebih dingin, dan daerah tropis panas terbakar. Melindungi kita dari radiasi yang mematikan. Dan juga sumber energi kita (oksigen) dan tanpa itu kehidupan di Bumi tidak akan pernah bertahan dan berevolusi.
  • Atmosfer yang kita kenali, selain melindungi juga mengancam dan melahirkan bencana bagi kehidupan di bumi. Namun hal tersebut merupakan proses keseimbangan kehidupan.
  • Atmosfer sebagai sumber udara (gas) yang dibutuhkan oleh kehidupan. Atmosfer menciptakan suhu yang tepat dan mengaturnya, menjaga suasana bumi penuh oksigen dan menghentikan samudera menghilang ke ruang angkasa, sehingga bumi bisa dihuni. Yang terpenting adalah bagaimana manusia mengontrol cuaca dan iklim di dunia. Sehingga gas-gas yang terdapat di atmosfer tidak berlebihan dan tidak berkurang atau melampaui ambang batasnya.
Bagi anda yang penasaran dengan film tersebut, sinopsis film EARTH - The Power of The Planet dapat dilihat disini dan jika ingin mendownload filmnya bisa di sini. Tapi ada baiknya membeli dvd aslinya..


Share/Bookmark

TERIMA KASIH TELAH MENGUNJUNGI BLOG INI

Silahkan tinggalkan komentar anda

0 komentar tentang “EARTH - The Power of The Planet”

Posting Komentar